Sunday, June 10, 2018

Mengenal Berbagai Jenis Beasiswa



Mencari peluang beasiswa tidak hanya sekedar mencari informasi, sebaiknya para pencari beasiswa juga mengenal berbagai jenis beasiswa sehingga bisa memilih yang paling sesuai dengan profil serta peminatan mereka sehingga peluang untuk lolos seleksi semakin besar. Dalam artikel ini akan dibahas jenis-jenis beasiswa secara umum karena masing-masing program beasiswa pasti memiliki keunikan tersendiri.


 
JENIS BEASISWA BERDASARKAN SUMBER PENDANAAN:

Pemerintah Republik Indonesia
Pemerintah RI memiliki berbagai program beasiswa untuk semua jenjang pendidikan menengah dan tinggi. Beasiswa ini disalurkan melalui kementerian serta lembaga negara. Yang banyak dikenal antara lain Bidikmisi, LPDP (dengan banyak jenisnya), serta Kartu Indonesia Pintar. Selain Pemerintah Pusat, pemeritah daerah provinsi serta kabupaten/kota pada umumnya juga memiliki program beasiswa untuk penduduk di wilayah masing-masing.

Pemerintah Negara Asing
Banyak sekali negara asing yang mendanai program beasiswa bagi para pelamar internasional yang berniat meneruskan studi di negara mereka. Beberapa negara yang cukup dikenal memiliki program beasiswa favorit antara lain: Amerika Serikat (Fulbright), Inggris (Chevening), Jepang (Monbukagakusho/MEXT), Korea Selatan (KGSP), Australia (Australia Awards), Jerman (DAAD), Perancis (Eiffel Scholarship), Uni Eropa (Erasmus), dan masih banyak lagi

Organisasi dan Yayasan
Selain negara, banyak juga organisasi dan yayasan, baik di dalam maupun di luar negeri, yang mendanai program beasiswa. Sebut saja Bank Dunia, Asian Development Bank, Rotary Foundation, Bill and Melinda Gates Foundation, serta masih banyak lagi. Demikian pula di dalam negeri, ada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Tanoto Foundation, Van Deventer Maas Indonesia, dan masih banyak lagi.

Perusahaan
Hampir semua perusahaan besar di Indonesia memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR), yang sebagian dananya dialokasikan untuk bidang pendidikan termasuk pemberian beasiswa. Beasiswa Djarum Plus, BCA Peduli Anak Bangsa, dan XL Future Leaders hanya sebagian kecil contoh beasiswa yang didanani oleh perusahaan.

Perguruan Tinggi
Beasiswa yang didanai sendiri oleh perguruan tinggi cukup banyak kita jumpai, terutama oleh perguruan tinggi swasta. Biasanya beasiswa diberikan kepada para mahasiswa lama atau para pendaftar yang berprestasi berupa pembebasan uang kuliah, pembebasan uang pangkal dan sebagainya.


JENIS BEASISWA BERDASARKAN CAKUPAN PEMBIAYAAN:

Beasiswa Penuh (Full Scholarship)
Beasiswa penuh, sesuai namanya, mencakup semua biaya esensial yang harus dikeluarkan pelajar/mahasiswa dalam menjalani studinya. Biasanya mencakup uang kuliah, uang ujian, biaya hidup, biaya buku dan materi pelajaran, akomodasi, asuransi, dan bila beasiswa luar negeri , mencakup pula biaya tiket penerbangan. Namun ada kalanya yang dimaksud beasiswa penuh hanya mencakup 100% biaya kuliah saja. Jadi pencari beasiswa harus mempelajari betul komponen biaya apa saja yang dibayar oleh program beasiswa tertentu.

Beasiswa Sebagian (Parsial)
Kebalikan dari beasiswa penuh, beasiswa sebagian atau parsial hanya mencakup beberapa komponen biaya studi saja. Bahkan ada yang hanya mencakup 50% dari uang kuliah, sedangkan biaya lain-lainnya harus ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa (atau sponsornya). 

Beasiswa Hibah
Beasiswa hibah memberikan hibah dana yang jumlahnya tertentu bagi para penerimanya. Bisa hibah sekaligus maupun hibah berkala, per bulan atau per semester. Biasanya jumlahnya tetap dan sama untuk jenjang studi yang sama. Yang masuk jenis ini contohnya Kartu Indonesia Pintar. Beasiswa beberapa perusahaan juga ada yang memakai sistem hibah ini.

Beasiswa Ikatan Dinas
Biasanya beasiswa ikatan dinas mencakup semua pembiayaan, bahkan sampai seragam dan kelengkapan wajib lainnya juga ditanggung oleh pemberi beasiswa. Namun ada semacam perjanjian bahwa setelah lulus nanti, penerima beasiswa diwajibkan bekerja untuk pemberi beasiswa, atau lembaga/perusahaan yang ditunjuk untuk kurun waktu tertentu. Sekolah Kedinasan seperti IPDN, Politeknik Keuangan Negara (STAN), STIP, dan sebagainya, menggunakan sistem beasiswa ikatan dinas ini. Beberapa perusahaan swasta juga memberikan beasiswa dengan ikatan dinas.


 
JENIS BEASISWA BERDASARKAN KUALIFIKASI PELAMAR:

Beasiswa Prestasi Akademis
Beasiswa jenis ini menggunakan sistem seleksi dengan prioritas prestasi akademis pelamar pada jenjang pendidikan sebelumnya (merit based). Tentu saja ada kriteria seleksi lainnya seperti syarat administratif serta persyaratan normatif lainnya. Program beasiswa berbasis prestasi akademis ini memang sangat banyak, namun sekaligus sangat kompetitif.

Beasiswa Berbasis Kebutuhan Ekonomi
Beasiswa jenis ini memakai faktor kondisi ekonomi pelamar sebagai faktor utama dalam seleksinya. Biasanya ditujukan untuk golongan yang kurang mampu secara finansial, yang apabila tanpa bantuan beasiswa hampir mustahil mereka dapat melanjutkan studinya.

Beasiswa Prestasi Non Akademis
Ada juga beasiswa yang diprioritaskan bagi mereka yang memiliki prestasi non akademis, misalnya prestasi di bidang olahraga, seni budaya, kegiatan sosial, dan sebagainya.

Beasiswa untuk Kelompok Khusus
Ada juga beasiswa yang menyasar kelompok-kelompok khusus. Bisa berdasarkan profesi tertentu misalnya beasiswa khusus untuk guru/dosen, jurnalis, PNS, dan lain-lain. Bisa juga berdasar domisili atau asal pelamar seperti beasiswa khusus untuk daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T), beasiswa khusus untuk penduduk wilayah tertentu (biasanya beasiswa yang didanai oleh pemerintah daerahnya). Atau berdasar pendidikan, misalnya beasiswa khusus untuk lulusan pondok pesantren.

Sekalipun ada kriteria prioritas dalam seleksinya, tapi banyak juga yang menerapkan kriteria gabungan, misalnya beasiswa untuk pelamar berprestasi yang memiliki kondisi keterbatasan ekonomi, atau untuk penduduk wilayah tertentu yang memiliki prestasi di bidang olahraga, dan sebagainya.


 
JENIS BEASISWA BERDASAR PERUNTUKAN:

Beasiswa Studi
Beasiswa yang diberikan dalam rangka membantu aspek finansial penerimanya selama menempuh pendidikan janjang tertentu. Bisa diberikan selama masa studi normal (misalnya 4 tahun untuk jenjang S1), bisa juga berikan untuk jangka waktu tertentu saja, misalnya hanya diberikan selama 1 tahun akademis dan tidak bisa diperpanjang. Beasiswa studi merupakan beasiswa yang paling banyak ditawarkan, sekaligus yang paling banyak dicari.

Beasiswa Penelitian
Beasiswa jenis ini diberikan khusus untuk mereka yang melakukan penelitian ilmiah. Biasanya pelamar harus mengirimkan proposal penelitian ke lembaga pemberi beasiswa untuk dikaji kelayakan dan kemanfaatannya. Kadang-kadang tema penelitian juga sudah ditentukan. Besaran beasiswa penelitian biasanya bervariasi sesuai proposal yang disetujui.

Beasiswa Kuliah Singkat atau Pelatihan
Beasiswa Kuliah Singkat (atau sering disebut sebagai short course) diberikan untuk program-program singkat di bidang tertentu yang biasanya berlangsung singkat (satu tahun akademis atau bahkan kurang). Ada juga beasiswa yang diberikan agar peserta bisa mengikuti pelatihan tertentu, biasanya berdurasi singkat, selama beberapa bulan saja atau bahkan hanya beberapa pekan.

Beasiswa Pertukaran Pelajar atau Mahasiswa
Cukup banyak program beasiswa yang membiayai program-program pertukaran pelajar/mahasiswa (exchange) untuk belajar di jenjang pendidikan yang sama di isntitusi pendidikan di luar negeri. Biasanya berdurasi 1 tahun akademis dan ada kalanya nilai yang diperoleh selama program ini bisa ditransfer ke perguruan tinggi asal sehingga peserta tidak kehilangan waktu selama exchange.

Beasiswa Seminar dan Kegiatan Non Akademis
Banyak juga lembaga yang menawarkan pembiayaan bagi peserta yang hendak mengikuti seminar atau kegiatan non akademis lainnya. Beasiswa jenis ini biasanya ditujukan untuk kelompok tertentu sesuai dengan tema seminar.


Demikian sekilas tentang berbagai jenis beasiswa, diharapkan dengan memahami jenis beasiswa, para pencari beasiswa bisa lebih fokus menyasar beasiswa yang paling sesuai dengan kondisi dan profil masing-masing.

Baca juga Syarat dan Persiapan untuk Memperoleh Beasiswa.

Semoga informasi ini bermanfaat, silakan disebarkan ke teman-teman yang lain.


Share:
@info_beasiswa 2017. Powered by Blogger.

Media Sosial

ARSIP ARTIKEL

Telah dilihat kali